Dasar- Dasar Fotografi Yang Perlu Kamu Tahu




Perkembangan dunia Digital khususnya di bidang Fotografi memang sangat pesat semenjak adanya aplikasi berbagi gambar dan vidio yaitu Instagram, semua orang bisa menjadi seorang fotografer karena di aplikasi tersebut tertanam berbagai fitur sehingga foto bisa di make up menjadi wow walau hasil awal tidak begitu memanjakan mata.



Teknik fotografi seharusnya harus dikuasai bagi orang yang mau terjun di dunia fotografi agar mengenal hasil karya dengan baik karena dasar dari teknik fotografi tersebut, tapi sekarang mah dunia sudah berubah HP juga sudah bisa memotret dengan hasil yang serupa dengan kamera besar dalam hal ini DSLR.

Untuk itu jika memang kita mau terjun serius ke dunia Imaging harus tahu dulu dasar teknik fotografi, apa saja sih teknik dasar dari fotografi itu? coba saya jabarkan sedikit perihal teknik fotografi dasar sbb:


  • Mengenal Alat
Dalam mengenal alat ini adalah kita tahu dulu kamera apa yang akan kita beli dan asesoris apa saja yang perlu kita tambahkan ke kamera kita, jika kita baru mau terjun dan dana sederhana disarankan membeli kamera Pocket atau DSLR yang seri pemula jika di Nikon seri D3000 an dan D 5000an untuk level semi di Nikon D7000 an dan untuk yang profesional seri D700 dan seri D tunggal yaitu D3,D4, D5 . Jika belajar kita ambil yang seri pemula dulu yaitu D 3000an dengan range harga 5000k.
  • Memahami Alat
Setelah kita sudah memilki alat utama untuk belajar Fotografi tahap selanjutnya adalah memahi gear yang kita beli dari menu-menu yang ada di Kamera agar nanti kita tahu fungsi dari tombol yang ada di kamera.
  • MemahiamiFungsi Kamera
Setiap seri kamera mempunyai fitur yang berbeda akan tetapi secara kasat mata untuk kamera di Nikon hampir sama sih hanya beberapa fitur yang lebih tinggi misalnya di ISO dan hasil Jereptan dalam Detik atau bisa Vidio atu tidak dll
  • Memahami Exposure
Setelah kita faham dan mengenal kita Exposure alat kita , yang mempengaruhi exposure ada 3 unsur element yaitu Shutter, Aperture, dan Iso silahkan explore bagaimana hasilnya setelah kalian jepret-jepret dengan mengubah pengaturan 3 element tersebut.
  • Memehami Mode Dalam Kamera
Mode dalam kamera sangat banyak tinggal geser saja posisi settingnya di dekat tombol shuuter, 
  • MemahamiTeknik Fotografi
Kita sudah tahu dasar dari alat kita dan cara setting alat selanjutnya adalah mengaplikasikan teknik fotografi dari mengambil Agle, Komposisi, mengatur model jika kita motret model dll
  • Memahami Style Fotografi
Terkahir setelah kita sudah belajar semua diatas kita akn mengambil gaya motret kita agar kedepan orang sudah tahu hasil foto dari kita.
Teknik dasar fotografi diatas mungkin harus tertanam pada user yang mau terjun ke dunia Fotografi, semoga artikel sedikit ini membantu bagi para pengiat dunia fotografi yang serius mau terjun ke dunia Imaging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages